1. Pengertian,Arti,Makna Dan Manfaat Demokrasi

Secara etimologis, demokrasi berasal bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat atau penduduk dan cratein yang berarti kekuasaan atau kedaulatan. Dengan demikian, secara bahasa demokrasi adalah keadaan negara di mana kedaulatan atau kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat. Konsep demokrasi diterima oleh hampir seluruh negara di dunia. Diterimanya konsep demokrasi disebabkan oleh keyakinan mereka bahwa konsep ini merupakan tata pemerintahan yang paling unggul dibandingkan dengan tata pemerintahan lainnya.

Demokrasi sebagai alat ukur dari keabsahan politik.Kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintahan menjadi basis tegaknya system politik demokrasi. Demokrasi meletakkan rakyat pada posisi penting, hal ini karena masih memegang teguh rakyat selaku pemegang kedaulatan. Negara yang tidak memegang demokrasi disebut negara otoriter. Negara otoriterpun masih mengaku dirinya sebagai negara demokrasi. Ini menunjukkan bahwa demokrasi itu penting dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:rMzLHyzn-34J:images.echipidi.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SrDcTgoKCIcAADf5BXM1/TUGAS%2520KN.doc%3Fnmid%3D283615233+parameter+demokrasi&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjirzqrkj0CeS_gngECbOIsVr7ELBNqjkEpxgevHgeulzKT3nAn2-9_y45h5Ko6v90DaxvukZvpI314oSt5lq1ahOUlfeDCn4g-kN2n1EI4bbVt5iO3_axSMEzP5R5PX3fiRZdo&sig=AHIEtbSYfnjQHpheRyHw6W94Oftg7wPdhg

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: