PENGOLAHAN AIR LIMBAH

A. Jenis Pengolahan

Jenis pengolahan air limbah dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1.       Pengolahan secara fisik

Pengolahan secara fisik tidak dapat diterapkan untuk berbagai pengolahan limbah. Dalam pengolahan limbah secara fisik, polutan akan dipisahkan dengan cara diendapkan. Hasil dicapai sangat terbatas dan memerlukan waktu yang cukup lama.

 

2.      Pengolahan secara kimiawi

Pengolahan limbah secara kimiawi dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan kimia kedalam air limbah. Dalam hal ini sangatpenting adalah menentukkan jenis bahan-bahan kimia yang diperlukan. Dalam pengolahan secara kimiawi, waktu dan area yang diperlukan jauh lebih kecil dibandingka pengolahan secara fisik dan biologi. Air limbah yang mengandung zat-zat kimia termasuk logam berat, sangat tepat bila pengolahan limbah dilakukan secara kimiawi.

 

3.      Pengolahan secara biologi

Pengolahan secara biologi terutama memanfaatkan kerja mikroorganisme. Dalam pengolahan limbah secara biologi, polutan yang degradable yang segera dapat dihilangkan. Polutan yang degradable merupakan makanan bagi bakteri, sehingga dalam waktu singkat bakteri akan berkembang biak dan menghabiskan makanan yang ada dalam air limbah. Proses penghancuran polutan secara biologi dapat dipercepat dengan memacu pertumbuhan bakteri.

Bakteri akan tumbuh dan berkembang dengan pesat, apabila kondisi yang sesuai bagi kehidupan bakteri terpenuhi. Kondisi yang sesuai antara lain adalah pH air limbah sekitar 7, dan suhu air limbah sekitar 350C.

Pengolahan limbah secara biologi sangat baik, tetapi memerlukan waktu yang lama dan area yang luas.

 

B. Langkah-Langkah Pengolahan Air Limbah

1.       Tujuan pengolahan air limbah

Biaya yang diperlukan untuk pengolahan air limbah antara lain ditentukan oleh tujuan pengolahan air limbah, apakah air limbah hanya akan diolah dengan tujuan akan dibuang,atau akan diolah untuk dipergunakan kembali. Pengolahan air limbah dengan tujuan untuk dipergunakan kembali, biasanya akan memerlukan biaya yang lebih besar dibandingkan apabila pengolahan air limbah yang akan dibuang kelingkungan.

 

2.      Penentuan reagen

Reagen adalah suatu zat kimia yang digunakan untuk menimbulkan reaksi zat kimia. Dimana penentuan reagen sangat penting dalam pengolahan air limbah, karena dengan reagen yang sesuai, hamper semua polutan yang terdapat didalam air limbah dapat dihilangkan dengan mudah. Pemilihan reagen yang sesuai aka menghilangkan logam berat,bau, warna, dan polutan limbah yang lain.

 

3.      Membuat diagram alir

Diagram alir perlu dibuat untuk mengetahui/menyusun bebgaia macam proses dan peralatan yang diperlukan dalam pengolahan. Prose, peralatan dan reagen yang dipergunakan untuk pengolahan limbah yang satu berbeda dengan dengan pengolahan limbah yang lain.

 

4.      Menentukkan ukuran dan peralatan

Ukuran dan jenis peralatan yang dipergunakan dalam pengolahan air limbah tergantung dari debit air limbah, hasil pengolahan yang diinginkan, area yang disediakan, proses pengolahan yang dipilih, dan biaya yang disediakan untuk pengolahan.

 

5.      Pembangunan instalasi dan uji coba

Pembangunan instalasi dilakukan apabila sudah dapat dipastikan bahwa dengan instalasi tersebut air limbah dapt diproses sesuai dengan hasil yang diharapkan. Pembangunan instalasi pengolahan air limbah khususnya air untuk pengolahan air limbah secara kimiawi,harus didahului dengan percobaan-percobaan laboratorium. Setelah instalasi pengolahan air limbah selesai, kemudian dilakukan uji coba apakah hasil yang diharapkan dalam pengolahan dapat terpenuhi.

 

Sumber : Buku ilmu lingkungan industry, penerbit Universitas Gunadarma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: